Wedding thoughts : Menikah karena dan didasari persaingan?

Hai welcome back! Hari ini lagi iseng pengen share sesuatu yang sedikiittt serius dan sensitipp, ceiileee. Actually, i'm not a kind of serious person, tapi kejadian-kejadian akhir2 ini sedikit menggugah aku buat komentar soal ini. Soal apa sih? Ya soal nikah karena saingan. Persaingan yang dimaksud bisa sama siapa aja. Sama temen sendiri, tetangga, sama mantan pacar, atau sama selingkuhan? Hahaha.

Yaps! Pernikahan di Indonesia emang unik. Beberapa bahkan berusaha mebuat acara semegah mungkin sampai parahnya sedikit memaksakan diri dengan alasan gengsi.

Berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman dari orang-orang terdekat kadang semua ini bikin pengen ngelus dada, ngelus dompet, hehe. Obrolan sama temen deket tadi malem bener-bener bikin gregetan. Ceritanya lagi ngobrol soal temen2 kita lain yang lagi hebringg ngurus kawinan mereka. Cerita pertama, si A minta seserahan aneh2 ke calonnya gara2 gak mau salah saing sama mantan cem-cemannya (yang udah nikah), karena si mantan gak pernah berhenti ngomongin seserahan barang branded maha high class (lebayy) yang dia kasih ke istrinya dulu. Akhirnya si A ngerengek minta dibeliin tas bermerk seharga lebih dari 10 jutaan plus set perhiasan dari toko perhiasan terkenal seharga hampir 100jt ke si lakinya. Kecewa dengernya, kenapa? Walaupun minta seserahannya bukan ke gue (yaiyalahh) dan si laki akhirnya mau2 aja tapi tetep aja kecewa deh..geregetan! Padahal dulu cita2 seserahan si A gak seheboh sekarang sejak diracuni sama si cem-ceman.

Cerita ke 2 dari si B. Anak ini dasarnya emang hedon tapi maksa. Kenapa maksa? Ya gayanya emang (pengen) kaya orang tajir (ini gue yang sirik abis kayanya, haha) tapi sebenernya biasa2 aja, hehe. Nyebelinnya dia dengan pede nya nanya budget nikah ke yg udah nikah. Well, menurut unggah ungguh nanya budget nikah ke orang lain (yang gak deket, temen aja kagak apalagi sodara) itu gak sopan. Lucunya, dia pengen ngadain nikahan di ballroom hotel bintang 5 di semarang dengan nyebutin budget 100juta! Hellooo catering aja gak lunas kaliii. Aku sama temenku cuma tendang-tendangan kaki di bawah meja pas si B ngomong itu. Itulah contoh mau bermewah-mewah tapi gak ngukur kemampuan.

Dari 2 cerita di atas jadi pelajaran buat aku. Awalnya aku mungkin gak jauh beda dari si A dan B. Pengen semuanya serba terbaik, termahal dan paling keren. Tapi akhirnya aku sadar, bahwa yang terpenting dalam pernikahan adalah kehidupan setelah resepsi. Bakal nangis darah kalau setelah nikah kita masih nyicil utang biaya kawinan atau penyesalan-penyesalan yang lain. Persaingan2 kaya di atas cuman bakal bikin kita puas sesaat. Toh sehari dua hari orang lain juga bakal lupa sama kemegahan pesta kita kan? Tapi kita, kita gak bakal lupa sama penyesalan yang datang di akhir. Ya intinya kalau mampu ya monggo aja, tapi tetep gak bagus lah.

Pada akhirnya semua pandangan aku tentang pernikahan berubah. Gak mau neko-neko, yang penting bisa menyuguh tamu dengan baik. Begitu juga masalah seserahan, kalau bisa beli yang branded ya Alhamdulillah tapi yang terpenting bisa kepake besok-besok. Gak cuma nongkrong di lemari, ya kan? Contohnya gak usah sok2an minta dipbrow pomade-nya anastacia beverly hills kalo lo biasa alisan pake viva deh. Yang ada kagak bisa make dan lo balik ke alfamart buat beli pensil alis viva.. hahaha

Hmmm.. kayanya udah cukup ni jadi "orang bener" nya, hehe. Semoga tulisan ala kadarnya ini bisa bermanfaat buat yang baca yaaa... see yaa

Comments

Post a Comment

Popular Posts