INJURY TIME : SELEKSI PCPM BANK INDONESIA 2016

Kemarin udah post soal rekruitmen pramugari Garuda Indonesia, nah sekarang karena lagi ngikutin rekruitmen PCPM Bank Indonesia, aku bakal share juga step-step nya ya. Sebelum daftar pastikan mendapat restu dari suami tercinta karena kelak (mungkin) (semoga enggak) kami akan LDR an lagi :'(( . Alhamdulillah suami mendukung padahal aku cuma crita "eh ada lowongan PCPM BI nih" tanpa niat ngode tapi malah dibales "yauda cobain aja nanti aku mutasi ngikutin kamu" sokk yeee mutasi dari banjarmasin ke jogja aja baru acc setelah 5 th kerja :D . Btw umur aku saat itu mentok bgt, karena buat S1 maks 26 th (umurku saat daftar adalah 25 tahun 9 bulan :)) , dan S2 maks 28 th, jadi ini adalah kesempatan pertama dan terakhir. Lebih baik gagal karena mencoba daripada penasaran karena gak mencoba, begitu kata bijak dari mas gembel alias bojo satu satunya.

Tahun ini penyelenggara rekrutimen adalah dari PPM. Kalo baca dari blog lain yang sejenis, ada juga yang dulu pake experd dan rata-rata proses seleksinya sama. Lowongan biasanya buka sekitar bulan Agustus- September gitu, jadi mulai cari info saat bulan itu.

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengisi form pendaftaan di web PPM. Lumayan banyak poin yang kudu diisi. Persiapkan foto, ijasah, transkrip nilai, KTP dalam bentuk soft file dalam format .jpg. Karena setalah isi form kita harus mengupload dokumen tersebut. Selesai menisi form, kita kan menerima email konfirmasi berisi nomor pendaftaran yang akan menjadi user name kita untuk log in.

Kurang lebih semingguan, kita akan dapat info pengumuman lolos seleksi adminitrasi yang dapat dilihat di website yang sama. Kalau lolos kita akan mendaptakan info jadwal , jam dan tempat tes selanjutnya. Kebetulan ambil lokasi tes di Semarang, tes pertama dilaksanakan di kampus FEB UNNES. Menurut info ada sekitar 87 ribu orang yang ikutan berjuang disini :o

TAHAP 1 : TES KEMAMPUAN DASAR
Boleh googling contoh-contoh soalnya. Tes ini sepertinya gak perlu belajar yang gimana gitu, cukup latihan sekali dua kali contoh soal biar terbiasa. Isinya sekitar analogi, deret angka dan bangun ruang. Pas analogi berjalan dengan lancarrr, tapi pas ngitung... tetottttt gak selesaiii. Alhasil mungkin ada sekitar 10 nomor yang kosong, karena pas bagian ngitung bukan pilihan ganda yng tinggal ngitung kancing, melainkan kita harus menyilang antar angka 0-9 yang merupakan jawabannya. Contohnya jawabannya adalah 127 maka kita harus menyilang angka 1, 2 dan 7. Mau ngitung pake kancing model apa cobakk :'D . Pasrah nunggu pengumuman seminggu kemudian.

TAHAP 2 : TES KEBANKSENTRALAN SERTA ISU EKONOMI TERKINI & TES BAHASA INGGRIS TERTULIS
Okesipp, kuliah Hukum, kerja pramugari dan kudu belajar soal bank dan ekonomi. Rada desperate pas itu karena bener- bener no idea. Rajin-rajin baca blog orang atau kaskus, dari sana dapet info suruh baca tentang bank Indonesia di website BI itu sendiri dan voila, it works! Banyak yang keluar, cuman give up buat soal isu ekonomi karena banyak istilah ekonomi yang gak ngerti, jadi silahkan ngitung kancing ehehehe. Buat soal bahasa inggris masih basic kok soalnya, gak seribet toefl tapi bagus juga kalo latian contoh soal TOEFL biar kebiasa. Soal sekitaran structure sama reading. Belajar reading yang cepet karena waktunya lumayan mepet. Pasrah lagi nunggu dari hari sabtu ke rabu buat pengumuman. Peserta tes masih banyak, berkurang tinggal 37 ribuan dari seleksi pertama :( . Lokasi : STEKOM Jl. Majapahit 605

TAHAP 3 : TES PSIKOLOGI TERTULIS, WAWANCARA PSIKOLOGI, LEADERLESS GROUP DISCUSSION
Oke, aku telah meremehkan tes psikologi. Aku pikir bakal yahh begitu aja kaya sebelumnya, ternyata dibanding tes yang sebelumnya, ini yang paling melelahkan jiwa dan raga, seriously gue gak lebay. Tes terdahulu berlangsung dalam satu hari yang katanya bisa dari pagi sampai maghrib, tapi tahun ini dibagi menjadi 2 hari. Hari pertama tes psikologi tertulis, hari kedua LGD dan wawancara psikologi. Tes tertulis dilaksanakan hari sabtu, kebetulan dapet shift siang jam 13.00. Parahnya, untuk jadwal tes kedua baru bisa kita tahu jam 10 malam hari itu juga, jadi kaya aku yang ngelaju dari luar kota cukup direpotkan karena galau mau nginep apa balik, secara tes kedua bisa dilaksanakan antara hari minggu-selasa :( .
Oke langsung ke tes tertulisnya kaya apa sih. Sebenarnya standar, dan entah kenapa bisa makan waktu lama 😂 . Pertama kita akan disuruh ngisi data pribadi kaya CV, terus ada tes macam wartegg yang gambar-gambar itu, ngisi 225 pernyataan yang pling mendekati diri kita dan terakir adalah tes Pauli. Tes pauli hampir mirip kreplin cuma bedanya kita harus ngitung semua angka sebisa sekita., sebanyak yang kita mampu. Hebatnya ada beberapa yang sampai minta kertas lagi karena bolak balik dia udah selesei, hei!. Sedangkan gue cuma mampu nyelesein 3/4 aja karena bukan hanya capek mikir, tangan boooo tangannn gak nahan, jari jempol sampai biru megang pulpen. Jadi gue gak ngerti tangan mereka itu terbuat dari apa, mungkin udah disuntik anestesi kali ya sampe kebas gak krasa sakit 😭😭. Habis tes tertulis kepala rasanya mendidih bahkan cuma ditanya mau makan apa pun dah gak sanggup jawab 😅. Gak kerasa tes tertulis ini takes time 5 jam! Jangan lupa sebelum tes perut haris terisi, sama bawa pocari atau air minum plus permen karena lumayan banget buat ngganjal perut sama menjaga konsentrasi. Itu makan sama minum curi-curi ya.
Tes kedua ternyata dapet hari senin, KZL gak tuh kenapa gak langsung minggu. Alhamdulillah dpt shift pagi jadi gak perlu pulang sampe maghrib. Oke buat LGD kita akan dibagi menjadi beberapa kelompok, sekitar 6-8 orang (aku 7). Nah kita dikasih suatu bahasan/kasus dan kita diminta untuk mencari solusi perorangan yang kemudian kita presentasikan secara singkat dan dicari notulen atau kesepakatan bersama. Tips paling penting, disini gak ada ketua arau pemimpin so gak usah dominan kuncinya apalagi sampai gak ngasih kesempatan yang lain buat bicara atau pengen keliatan paling menonjol, karena justru itu nilai minus buat kamu. Bentuk team yang solid, komitmen buat menjaga diskusi tetap berimbanh tanpa ada yang terlalu aktif bahkan malah gak ngomong sama sekali. Aku dapet kelompok yang bisa dibilang semuanya pinter, ada 1 ,2 orang yang memang ada bakat bossy, cuman mereka masih bisa menahan ego buat yang lain, salut sih gue. Karena tujuannya kita pengen 1 team lolos. Ada lo cerita 1 team ga lolos gara2 ada yg debat dan temen lain cuman nonton 😅😅. Selanjutkan kita akan diwawancara oleh assesor yang mengamati LGD kita tadi. Intinya be yourself! Menjual diri boleh tapi jangan muluk muluk karena bisa jadi malah dicecar. Ceritakan hal hal menarik yang pernah kalian alami baik pengalaman kerja atau organisasi. Pokoknya apa adanya aja, dan jangan grogi..
Jujur aku gak terlalu yakin sama hasil tes ini, karena psikis kita saat itu pengaruh banget. Yahh balada pengantin baru, psikis lagi labil-labilnya. 😭😭😭 berdoa buat yang terbaik aja deh.

TAHAP 4 : MEDICAL CHECK UP & TES PSIKIATRI
Alhamdulillah meskipun gak firm sama tes sebelumnya ternyata masih rejeki buat lolos lagi, hehe. Emang sih psikotest itu gak bisa diukur dengan benar dan salah. Buktinya kemarin ada anak yang keliatannya meyakinkan, cerita kalo psikolog nya bilang suruh kosongin jadwal pas tes kesehatan (that's mean dia lolos lah ya) eh ternyata malah gak ada di list.
Oke, medex kali ini handled by Pramita di kampung kali. Waktu pengumuman kita diberi tau kalo kita harus puasa 10-12 jam, gak boleh konsumsi obat yang mengandung HCL (obat flu/batuk), suplemen, dan juga minuman berkafein sejak H-3. Buat jaga-jaga sebaiknya setelah tes tahap 3, gak ada salahnya lo cek kesehatan di apotik (kolesterol, gula darah, asam urat). Jujur nih medex ini hampir sama capek dan ngeselinnya kaya psikotest. Gimana enggak, dateng udah pagi jam 06.30, dapet urutan nomer 48 (dari 200an peserta) tapi pulang paling terakhir hampir ashar gara-gara sistem antrian yang gak jelas. Yang dateng akhir malah dipanggil duluan, gitu terus zzzzz. Medex meliputi pengambilan darah pertama setelah puasa dan 2 jam setelah makan, tes urin, rontgen, ECG/electrocardiogram (rekam jantung, sampai tes ambeien iyuhhhhh), tes fisik (pemeriksaan fisik secara general). Lucunya nih baru kali ini tes urin dijagain ama petugas, jadi kita pipis diliatin sama petugasnya hahaha saking groginya sampe pipisnya gak mau keluar (maap jorok hihi).Mungkin untuk menghindari kita bawa "bekal" urin orang lain dari rumah kali ya, masuk akal sih.
Selanjutnya tes psikiatri dilaksanakan di hari berikutnya dan berlokasi (akhirnya) di gedung BI Semarang sendiri. Ayeee akhirnya at least bisa nginjekin kaki di BI ya, secara jaman kuliah nge kost di belakang BI dan bisanya cuman ngliatin tanpa ada daya buat memasukinya, ceileeehh. Tes ini lumayan santai kok. Tujuannya untuk mengetahui kondisi kejiwaan kita. Kita diharusnya menjawab sekitar 567 pernyataan yang mendekati diri kita masing2. Misalnya "akhir2 ini muncul keinginan untuk bunuh diri" , nah tinggal buletin di LJK tanda (+) atau (-). Waktunya 150 menit, tapi kalo bisa selesai lebi cepet boleh pulang kok. Intinya pas ngerjain gak usah "mikir", spontan aja cuman tetep teliti karena nanti bisa salah tangkep sam pernyataannya dan ngaruh ke jawaban kita.
Well, selangkah lagi tahap yang harus dilewati yaitu wawancara akhir yang pengumumannya entah kapan :') Tetep masih mikir nothing to lose aja biar nyantai walaupun udah gak bisa sesantai sebelumnya hehe.

TAHAP 5 : WAWANCARA AKHIR
hehe masih gak percaya "iseng" nya nyampe sini, alhamdulillah aja ya.. Well pengumumannya emang lumayan lama, hampir sebulan apa ya? Itupun baru pengumuman lolos, belum jadwal wawancaranya. Jadwal wawancara bergiliran dari kota ke kota. takes time sekitar 2 minggu. Giliran pertama Jakarta terus Semarang. Oiya pengumuman jadwal sekitar min h-2 ya, biar adil hehe. Sampailah pada hari wanhir. Sebelumnya aku gabung forum di telegram buat nyari2 info, lumayan lah disana ada beberapa "suhu" yang gak pelit bagi ilmu. Persiapan cuma baca2 materi BI dari web sama jobdesk job family yg dipilih.
Tes kembali dilaksanakan di gedung BI, jadwal jam 7 pagi tapi baru mulai jam 8. Pertama kita dikasih pengarahan sama para user. Usernya adalah para direksi. Awalnya meraka banyak bercanda biar kita rileks, tapi saat kalimat sakti keluar "kita lagi buka banyak kantor perwakilan di Indonesia timur, ya mungkin besok kalianlah yang ditempatin kesana. Masih pada single kan? santai lah kalo gitu ". Yaps gue cuma diem sambil elus2 cincin kawin, hiks.
Setelah itu kita dibagi jadi 3 kelompok masing2 8-9 orang (semarang sisa 53 orang dan dibagi 2 hari wawancara). 1 kelompok akan diwawancari oleh 1 tim user yang sama (ada 3 tim user, masing2 3 orang user per tim). And guess what? Gue dapet giliran terkahir lagi boooo, nasib gue gak berubah dari jaman medex :(( alamat balik pas maghrib.
Akhirnya tibalah giliran emak satu ini. Masuk ruang wawancara wajah para user mungkin juga udah capek kali ya hehe. wawancara lebih ke kaya ngobrol sih. Tapi tetep pertanyyan teknis keluar sekitar job family. Kalo gak bisa jawab bilang aja emang gatau daripada ngawur ntar malah dikejar terus, tapi jangan dijawab gatau juga semua yaa.. usaha lah usahaaa. Pertanyaan paling susah justru soal pribadi, tentang keluarga. Dibahas lagi lah soal penempatan dan gimana nanti reaksi suami kamu. Aku jawab aja " sampai saat ini suami terus mendukung pak, ke depannya saya yakin akan ada solusinya". Dibaleslah " iya suami kamu ngijinin buat ikut tes tapi gak buat penempatannya, hehe". Intimidating banget gak tuh hahaha.
Bisa dibilang i'm not doing well on my final interview, jadi dari keluar ruangan aku udah siap2 buat kemungkinan terburuknya hehe.

Well, aku harap tulisan ini berguna buat kalian yg besok pengen ikutan PCPM. Disclaimer! ini bukan spoiler ya, bisa jadi berbeda cerita dari yang lain dan gak mesti sama dari tahun ke tahun. Kalo boleh kasih saran, rekruitmen PCPM ini lumayan menguras waktu, tenaga dan uang (buat bolak balik yg luar kota plus kalo kudu nginep2 hotel segala) jadi persiapkan segala sesuatunya. User juga bilang cuman akan diambil 125 orang dari 87rb pendaftar, jadi kalo gagal jangan anggap ini akhir dari segalanya ya (note to myself too). Kalo kalian ikutan grup atau forum tentang PCPM, saran nih ambil positifnya yaitu ilmunya. Jangan dengerin hoax aneh2 yang gak bisa dipertanggungjwabkan, jangan down kalo baca diskusi para "suhu" yang kadang gue pun gak ngerti mereka ngomongin apa hahaha, karena IMO, tolak ukur disini bukan dari pinter atau gak, tapi cocok apa enggak pribadi kita buat kerja di BI (kata pak direksi juga nih).

FIGHTING !!!

Comments

Popular Posts