(NOT SO) EASY STEPS TO BE FLIGHT ATTENDANT (PERJALANAN REKRUITMEN PRAMUGARI GARUDA INDONESIA)

Haii long time no seeeee.. Antara males sama gak punya bahan buat nulis blog nih. Ini bakalan jadi postingan pertama setelah resmi jadi seorang istri orang 8 bulan yang lalu. Pengennya sih bikin postingan soal wedding kemarin, cuman gara gara kuciwa berat sama salah satu vendor trus jadi males plusss hapeku wafat secara tiba-tiba. Sedihnya semua foto ilang dan gak sempet back up karena gak ada laptop, memory card juga accidently patah gara gara kedudukan di dompet (ngetik ini sambil sesenggukan). Yoweslah kayanya aku emang kudu move on dari masa lalu hahaha.

Nah, akhirnya kepikiran buat nulis soal mugari (lagi) ah, belum move on nih anaknya. Cuman mau cerita soal perjalanan panjang sampe diterima jadi pramugari Garuda Indonesia. Khusus buat dedek dedek gemes aja yah.. Emak emak gak usah ngarep (termasuk gue)

Oke banyak yang sering nanya lowongan pramugari, itu semua sudah terpampang nyata ya di web nya Garuda. Jangan malesss. Buka aja trus liat paling bawah ada link career / karir. Wes itu buka aja, bakal ada info lagi ada lowongan gak. Gak cuma lowongan pramugari ya, berbagai posisi juga ada. disana juga bakal lengkap dengan syarat-syarat dan kualifikasinya. Tiap tahun bisa jadi ada perubahan syarat, contohnya jaman aku tahun 2012 gak ada posisi buat ex pramugari, tapi sekarang ada dengan batas umur yang lebih tua ketimbang dedek dedek tanpa pengalaman kaya aku ya. Nah berikut syaratnya yang aku kutip dari web nya langsung.

  • Wanita
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berpenampilan menarik dan kepribadian menarik
  • Belum pernah menikah
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Usia min 18 tahun dan max 27 tahun atau 33 tahun yang telah berpengalaman menjadi pramugari
  • Pendidikan minimum SMA / SMK / Sederajat diutamakan lulusan D3 keatas
  • Tinggi Badan minimum 158 cm dan maksimum 172 cm, dengan Berat Badan Ideal dan Postur Tubuh proporsional
  • Tidak berkacamata dan tidak buta warna, lensa kontak diperkenankan dengan ketentuan max minus -3.00, silindris C-100.
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan), dan diutamakan memiliki kemampuan berbahsa asing lainnya.

Tata cara melamar Garuda Indonesia
 :
  1. Pakaian Formal (lengan blus pendek berwarna cerah, lutut rok panjang berwarna gelap, mengenakan pantofel (high heels)
  2. Rambut rapi (diikat untuk berambut panjang)
  3. Natural make up.

Dokumen yang diperlukan
 :
  1. Surat lamaran
  2. Curriculum Vitae (CV)
  3. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir
  4. Pas foto terakhir :
    1. Full Body ukuran postcard (1 buah)
    2. Ukuran Close up foto 3×4 (2 buah)
Oke kelengkapan persyaratan sangat penting ya gak boleh ada yang ketinggalan. Bikin CV atau lamaran semenarik mungkin tapi gak bertele-tele. Semua dokumen nanti dibawa saat tahap 1 yaitu "Appearence"

TAHAP 1 : APPEARENCE
Alias penampilan. Disini yang dinilai adalah tinggi dan barat badan apakah udah sesuai dengan aturan. Kemudian kita secara bergiliran maju ke depan buat perkenalan singkat, boleh pake bahasa inggris, pake indonesia juga boleh yang penting pede, ngomongnya jelas. Cara jalan juga kayanya diliat, jalan biasa aja gak usah sok2 an catwalk yee, yang penting gak bungkuk jalannya.

TAHAP 2 : PSIKOLOGI TERTULIS DAN BAHASA INGGRIS TERTULIS
Tes psikologi buat mengukur diri kita sendiri, jadi gak ada tips tertentu biar lolos kudu begimane. be yourself aja. Kalo bahasa inggrisnya gak usah bayangin seribet TOEFL ya, basic kok, yang penting ngerti structure sama perbanyak vocabulary aja.

TAHAP 3 : WAWANCARA
Tahapan ini juga gak perlu grogi. Yang wawancarain kita kayaya sih orang recruitment. Cuman ditanya tanya motivasi dan semacam itu kok. Siapin jawaban aja yang bagus dan pas jawab mantep aja jangan tegang karena kayanya ngaruh kalo kita gak rileks jawabnya.

TAHAP 4 : WAWANCARA USER
Apasih wawaacara user? Bedanya apa ama yang sebelumnya? Judulnya sama wawancara alias ngobrol, cuman kali ini pewawancara adalah orang Garuda beneran. Pas nanti kalian pendidikan bisa jadi ketemu sama salah satu dari mereka. Pertanyaan masih seputar motivasi plus banyakin baca baca soal dunia penerbangan ya. Misalnya nama-nama bandara. Gak perlu apal semua, cukup bandara yang terkenal sama yang deket-deket domisili kamu. Pas itu aku juga ditanyain tempat-tempat wisata di Indonesia, kaya Raja Ampat itu dimana sih. Pokoknya banyak melek sama dunia aja, bakal ketauan kok yang "kosong" sama "rada berisi" yang mana. Jangan bego-bego banget lah ehehehe.

TAHAP 5 : MEDICAL CHECK UP 
Persiapkan fisik yang prima. Biasanya bakal disuruh puasa semalam sebelumnya karena bakal cek darah. Selain itu ada cek mata (baca abjad, tes buta warna sama ke simetrisan mata/juling apa gak), pemeriksaan gigi usahakan kalo punya gigi bolong ditambal ya, kawat gigi juga gak boleh lo. Tes lainnya kaya pernafasan, jantung, audiometri.

TAHAP 6 :ASKAM (BACKGROUND CHECK)
Nah di tahap ini semua dilaksanakan di Jakarta. Tenangg, buat rekruitmen daerah biaya transport dan akomodasi ditanggung Garuda kok. Oya jadi pramugari gak harus pernah naik pesawat ya. Beberapa temenku malah saat itu adalah pertama kalinya mereka naik pesawat, jadi gak usah minder dulu yak. Oke sampai Jakarta kita bakal nginep di hotel. pokoknya terjamin bangett. Sedangkan tes nya sendiri dilakukan di Garuda Indonesia Training Center (GITC) yang besoknya bakal jadi sekolah kita. Askam sendiri bertujuan untuk mengetahui latar belakang kalian, apakah kalian terkait dengan kejahatan tertentu atau punya hubungan sama PKI (masih ngaruh ni keturunan anggota  PKI bakal susah nyari kerja ehehe). Kita diperbolehkan menghubungi keluarga apabila ada info yang mau ditanyakan. Gak tanggung-tanggung, tes ini bekerjasama dengan Badan Intelejen Negara (BIN). Aman banget kan.

TAHAP 7 : PANTUHIR (PANITIA PENENTUAN AKHIR)
Yapss akhirnya sampailah di tahap akhir. Tapi jangan seneng dulu, disini justru gak sedikit yang gugur. Kita bakal diwawancara lagi tapi gak sendiri melainkan bertiga kurang lebih. Juri nya adalah para direksi Garuda khususnya mereka para VP di bagian service. Sebenenya agak lupa apa yang ditanyain, tapi pas nunggu di luar kita disuruh belajar soal perusahaan, kaya siapa nama Dirut saat itu dan prestasi yang diraih perusahaan. Di dalam bakal ada juri yang mendekati kita dan melihat fisik kita dari dekat. Temen aku yang nge dempul jerawat pun ketahuan (dan gak lolos akhirnya). Kuncinya tetep pede, bekali diri kamu dengan pengetahuan yang bagus plus rawat wajah dengan baik juga. 

Setelah semua tahap terlaksana, tinggal nunggu pegumuman aja. Total 500an peserta dari Semarang hanya tersisi 9 atau 10 orang aja yang nantinya kita akan digabung sama peserta dari daerah lain buat jadi satu batch. Oya Garuda ini termasuk fleksibel loh. saat itu aku udah lulus kuliah tapi belum wisuda, ternyata boleh mengajukan pending dengan alasan wisuda. Baik banget ya. Dan baru sebulan kemudian aku dipanggi lagi buat masuk pendidikan.

Pendidikan kurang lebih berlangsung selama 6 bulan. Kita bakal berkutat dengan modul yang bisa buat ganjal truk dan hapalan segrambeng. Praktek juga gak kalah susah bagi yang gak terbiasa, kalo aku sih mending praktek yang lebih luwes deh, karena pengalaman masih banyak temen kerja yang gak ngerti job desk dia dan akhirnya nyusahin temennya (yahh curcol ehehe).

okee selamat menikmati setiap proses yang ada ya. Jangan takut gagal yaa

Comments

Popular Posts